Sepeda Kecil yang ditunggangi anak kecil itu sudah tak lagi sesuai dengan postur Tubuhnya. Setiap hari dikayuhnya sepeda itu saat bermain bersama dengan teman-teman sebayanya.
“Wan, sepedamu mbok diganti. Minta beliin ayahmu toh..”Gerutu Ari.
“Iya ,wan . Bapak kamu bentar lagi kan panen,pasti banyak duit !” Sahut Dwi.
“Yo rag po po,toh.. Besok pas naik kelas aja” Jawab wawan dengan tegas.
“Wuu.. Sepeda nggo cah cilik seh dipake terus(sepeda buat anak kecil masih dipake terus), yo wiss.. yok sepedaan meneh(bersepedaan lagi)”Ajak ari sambil ngayuh kembali sepeda barunya yang 2 hari lalu dibelikan oleh ayahnya.
Ayah ari juga merupakan seorang petani .Kemarin ari minta dibelikan sepeda karena sawah milik ayah nya sudah panen dan dapet hasil penjualan Lebih. Sedangkan ayah wawan yang juga seorang petani sebentar lagi mau panen,akan tetapi padi yang ayah wawan tanam kurang begitu bagus karena terkena hama wereng. Ketiga teman itu tiap hari selalu main bersama sepulang sekolah, dan tiap sore mereka pergi kelapangan untuk bermain bola bersama teman-teman yang lainnya.
“Ayo main bal-balan (ayo main sepak bola)“, Sahut orang yang dilapangan ngajak bertiga teman yang asik main sepedaan dipinggir lapangan ini.
“Ayo, .. RT 3 lawan RT 2 yo..wani rag(berani gak)?” Kata Dwi sambil jatuhin sepeda dipinggir lapangan.
“ayo ..ayo.. pas iki 5 lawan 5..”lanjutnya
Wawan ikud bergabung dengan teman-temannya yang rumahnya diRT 3 melawan temannya Dwi dan Ari RT 2 .Pertandingan pun dimulai..  Bola yang dipake saat itu terbuat dari plastik,sehingga sering  kempes karena keinjek kaki ato kena tendangan sangat keras dan harus ditiup dulu pake mulut.Setelah berbentuk bundar kembali ,orang-orang kembali melanjutkan pertandingan dilapangan itu kembali .
Karena saking asyiknya main bola, nyampe adzan magrib berkumandang. Saat adzan terdengar sampai kelapangan, anak-anak pada cepet-cepet lari meninggalkan lapangan .Itulah kebiasaan anak-anak desa bila waktu adzan,sesegera mungkin pulang dan sholat berjamaah dimasjid dan setelah itu ngaji bareng. Sore itu ,wawan pun juga bergegas pulang.
“Ayo –ayooo ,Pulang kerumah terus mandi abis itu... ngaji dimasjid” Kocehan wawan sambil siul-siul.
Sampe dirumah , Wawanpun lekas mandi dan pada saat mau kemasjid , Dia tersadar kalo sandalnya masih tertinggal dilapangan yang tadi sore diletakkan dipinggir lapangan. Karena wawan takut diomelin sama orang tuanya bila sandalnya ilang (karena kejadian ilangnya sandal sangat sering dilakuin oleh wawan sewaktu main-main bersama temannya) , diapun pergi kemasjid dengan cekeran(tanpa sandal) dan mampir sebentar dilapangan . Padahal persis disamping lapangan itu ada kuburan yang kemarin baru saja ada orang yang meninggal dimakamkan disitu. Wawan pun kesitu dengan perasaan takut yang gak karuan, setelah tahu tempat sandalnya berada dan diambil, Wawan pun langsung lari dan mengayuh sepeda kecilnya itu sekencang mungkin, padahal lari sepeda mungil wawan itu seperti naik sepeda jengki besar yang dikayuh dengan biasa  saja.
 Sesampainya dimasjid ,nafas wawan pun terlihat ngos-ngosan.. dan teman-teman wawan pun heran,
“Koe ki kenapa wan?.. dikejar anjing opo?” Tanya Ari yang mau masuk kemasjid.  
“Urag.. sandalku tadi ketinggal dilapangan ,barusan saja aku ambil ri.. hawane medeni(menakutkan) ..yo wis..aku langsung mlayu (lari).” Jawab wawan sambil mengatur hela nafasnya yang udah mulai tenang.
Semua kawan-kawannya pada tertawa.. setelah itu semuanya sholat berjamaah magrib dimasjid dan dilanjutkan ngaji bareng.
Pagi harinya , wawan yang masih kelas 3 SD masuk sekolah seperti biasanya diSekolah lumayan jauh 7 Km dari rumahnya, padahal ada SD yang lebih deket dari rumahnya. Akan tetapi karena kepala sekolahnya dulu tetangganya Ibu wawan sewaktu masih dirumah nenek .Makanya ,ibu wawan menyekolahkan wawan  kesitu,yakni SDN Combongan 3 yang dulu namanya sekolah Inpres(instruksi presiden). Sekolah yang terletak didekat persawahan, hingga tak heran bila pada saat istirahat banyak siswa-siswa yang main kesawah nyari kecebong, yang dulu dikira anak-anak SD itu ikan kecil hamil yang perlu diselamatkan dan anak-anak SD yang putri bermain bekelan dan ada juga yang bermain Uding(lompat tali).
Pada saat bel istirahat, anak-anak kelas 3  SD tidak seperti biasanya bermain kesawah, ada yang usul balapan sepeda dijalan luar sekolah. Yang ikud balapan hanya yang berani saja dan pada waktu itu Cuma ada 4 orang yang ingin balapan dan yang lain menjadi penonton dan penyorak. Wawan yang dengan sepeda kecilnya pun juga termasuk dalam 4 orang yang ingin balapan sepeda. Ke empat orang itu Ari,wawan,anang,dan heri. Balapan pun dimulai dari gerbang sekolah menuju keutara sampai perempatan , balapan sepeda pun dimulai dan teman-teman yang gak ikud sorak-sorak menambah semangat balapan .
“ayo.. ayo...” teriak teman-teman yang menonton
Semua mengayuh sepeda dengan begitu cepat  seperti balapan sepeda tingkat Kabupaten sukoharjo. wawan dengan sepeda mungilnya, mencoba mengayuh secepat mungkin. Dan hasilnya sesampai diperempatan juara satunya direbut oleh Anang dan Wawan dapat urutan paling akhir.
“Owalah wan, sepeda mu cilik ngene ki og...melu balapan, yo jelas kalah” Kata Anang sambil mulutnya menyonyo karna bangga jadi nomor satu..
“Suk, kalo aku duwe sepeda baru ,ngko balapan meneh yo” Sahut Wawan dengan kepala sedikit nunduk gara-gara kekalahannya.
Padahal dalam lomba lari,Wawan selalu jadi nomer 1 dari yang lainnya. Tapi kini pas balapan sepeda tercecer diurutan terakhir.
Selesai balapan, anak-anak kelas 3 pun berlarian ke warung mbok dar panggilan kantin SDN Combongan 3. Anak-anak SD biasanya rebutan beli es kucir yang harganya 100 rupiah dan juga makanan namanya Wayangan ,cara makannya dicelupin ke-caos seperti somay. Makanan itu disebut wayang an karena bentuknya seperti wayang.
Bel masuk pun berbunyi,saatnya anak-anak masuk kelas lagi. Dan mengikuti pelajaran SD seperti biasa.
Pulang dari sekolah, seperti biasa wawan pun lekas bermain dengan teman-temannya. Tapi ada yang beda hari ini, Wawan ga main sepak bola dilapangan. Karena pengen dirumah aja, menunggu ibunya pulang dari pasar yang jualan pisang. Wawan ingin meminta dibelikan sepeda baru oleh ibunya. Setiba Ibu pulang dari pasar.. wawan dan adiknya( siti) langsung secepat kilat keluar menuju jalan dan sambil nyanyi-nyanyi..
”Oleh oleh .... oleh oleh... oleh-olehe apa buk?” Tanya Wawan.
“ Ki diangkat tas e.. oleh-olehe didalam” Jawab ibu sambil nurunin tas yang ditaruh disela motor Hondanya. Sambil makan oleh-oleh, wawan pun mengutarakan keinginan untuk dibelikan sepeda baru yang lebih besar dari yang dimiliknya sekarang.
”Buk, aku mbok beliin sepeda baru toh buk.. ini sudah kecil sepedannya, buat siti aja” kata wawan sedang merayu ibunya. Siti itu adalah adiknya wawan yang masih TK nol kecil.
”Besok aja pas ba’da(idul fitri) ... kan diwenehi fitrah sama saudara-saudara.. uangnya nanti dibelikan sepeda baru ya” Jawab ibu sambil senyum-senyum(Karna penghasilan ibu wawan yang seberapa ,Cuma mencukupi untuk pengeluaran kebutuhan sehari-hari saja).
“Ow..yo wis buk” Jawab wawan yang mulai agak tenang karena abis lebaran akan dibelikan sepeda baru dengan uang fitrahnya.
Pada malam harinya, ibu wawan pun mengutarakan keinginan wawan itu keayah yang pada saat itu semua keluarga rumah lengkap sedang nonton tv bersama, film pada malam itu sinetron “tersanjung”.
“Sangu sekolahe dicelengi wan, suk nek wis kumpul akeh .. ayah beliin” Jawab ayah yang mencoba mengajak wawan untuk mandiri dan mendidik anaknya untuk ngirit.
“Suk tuku celengan ya buk.. aku arep nyelengi ” sahut wawan dengan nada optimis bisa beli sepeda baru
“Aku juga dibeliin tah buk..” tiba-tiba siti yang saat itu masih kecil dan polos juga minta sepeda baru
“Latihan dulu pake sepedane mase, entar kalo bisa ..sepeda mase kamu pake yo.. dilungsurke”jawab ibu sambil ngelus kepalanya siti.
Semua keluarga pada tertawa, melihat muka polos siti.
Mulai hari itu wawan pun menabung uang dari sebagian uang jajannya kedalam celengan, dan ternyata 2 bulan lagi idul fitri. Membuat wawan semakin semangat untuk menabung . Uang yang biasanya dipake beli permen karet ‘Yosan’, dan juga ‘roti krumpul’  tidak dibelikan melainkan ditabung.
Hari Idul fitri pun sudah datang, saatnya semua insan saling bersalam-salaman.yang identik serba baru, tapi hal itu berbeda dikeluarga wawan. Baju lebaran yang dipake wawan pun hadiah lebaran  dari ibu tahun kemarin. Karna baju lebaran kemarin masih bagus. Pun celana yang dipake nya pun juga celana hadiah lebaran tahun lalu.
Untuk Siti(adik wawan) tiap lebaran diberi hadiah baju baru dari ibu. Hal itupun membuat iri hati wawan , akan tetapi ibu menjelaskan secara perlahan kepada wawan perihal baju baru yang diberikan pada siti dan wawan tidak diberi baju baru membuat nya mulai paham dan mengerti.
“Wan, baju kamu masih bagus .. dan baju adikmu ini udah sobek .. pake baju lebaran tahun lalu aja ya wan” Ibu mencoba menjelaskan kepada wawan
“Tapi tahun depan ,harus baru lo buk...”Keluh wawan agak kesal sama ibu.
“Iya.. tahun depan, tak tukoke sing paling bagus” Jawab Ibu yang mulai meyakinkan wawan
“Asikk,,, tahun depan baju baru... asikk” Sahut Wawan dengan nada gembira
Keluarga wawan pun bersiap-siap sungkem(silaturahmi) atau salm-salaman kesaudara-saudara yang lebih Tua. Dan biasanya saudara-saudara dari bapak dan ibu wawan memberi fitrah(uang untuk beli permen katanya)kepada anak-anak. Begitu pun ibu dan bapaknya wawan juga memberi fitrah pada anak-anak saudara.
Setelah salam-salaman dirumah nenek dimana menjadi tempat berkumpul seluruh keluarga dari daerah mana saja. Maka wawan dan keluarga pulang kerumah.
 Wawan pun berlari cepat masuk kekamar mengeluarkan seluruh uang pemberian saudara(paklek,simbah,budhe,pak dhe dll) dari sakunya.
“wa ..keliatannya banyak nih” sahut wawan sambil menata uang kertasnya dan menumpuk uang recehannya .
Setelah dihitung jumlah uang yang terkumpul sebanyak 76 ribu rupiah. Padahal harga sepeda baru pada saat itu, kisaran 250 ribu. Dan wawan pun juga membuka celengannya , setelah diitung celengan dari wawan mendapatkan 53.400 . dan bila dijumlahkan semua uang wawan terkumpul 129.400, belum cukup untuk beli sepeda baru.. jumlah uang yang dikumpulkan wawan itu pun dilaporkan sama bapak dan ibunya..
“Pak, Cuma dapet 129.400 ig” Kata Wawan sambil membawa muka cemberut
“Wah yo wis dicelengi semua dulu lagi le.. dibeliin besok aja 5 bulan lagi bisa cukup kalo rajin nyelengi” Sahut Bapaknya
Pemikiran ibu wawan pun sama,” Iya wan..dimasukkan kecelangan lagi aja ..cah bagus”.
“Yah.. gak jadi beli sepeda baru” jawab wawan dengan mulai sedikit menangis dan kepala nunduk sambil usap air mata dengan tangannya  yang kemudian berjalan perlahan kekamarnya.
Impian wawan yang ingin beli sepeda baru belum bisa terwujud tahun ini, kemungkinan baru tahun depan terlaksana setelah Idul fitri dan apabila celengannya sudah banyak.-end-


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top

Inspirasi, tembalang, mahasiswa, matematika, universitas diponegoro,undip,organisasi,ikahimatika,semarang,indonesia,bisnis,info baru,2014,2015

Info kos tembalang, Info kos murah, Info kos mahasiswa undip murah, Info kos buat putri/cewek, Info kos buat putra/cowok,Info kos terbaru, Info terkini kos tembalang

Kost - kosan murah, Kost anak gaul, Kost enak dan nyaman, Kost -kosan dekat kampus, Kost-kosan rame, Kos buat mahasiswa, Kos daerah UNDIP, Rumah dan kos, Kost-kosan ideal