Hidup Begitu Bahagia Nan Indah with AL QUR’AN
Pesona nya telah menjadikanku tenang bersamanya
Lantunan nya telah membuatku sejuk ditelinga ...menggetarkan hati ,hingga mengalunkan senandung cinta
Makna-makna nya  semakin menyandarkan cintaku  padanya
Dia lah Firman-Nya yang telah disampaikan kepada Muhammad lewat Malaikat Nya, inilah AL Qur’an Kitab suci yang mulia.
Siapa yang tidak ingin dirinya selalu berada dalam kondisi stabil dan penuh semangat untuk menjalani hidup ini? Sudah barang tentu semua kita pasti menginginkannya , bukan ?! apalagi bagi kita yang tengah mengejar sebuah impian hidup dan cita-cita setinggi langit, tentunya spirit dan motivasi itu harus selalu terpatri dan bisa tetap terjaga dalam lubuk sanubari kita. Bahkan kalau bisa semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Menengok kondisi keimanan dan kemauan  pribadi saya untuk menjemput pintu hidayah Allah yang masih minim ini. Sepertinya dan wajib bagi dari saya untuk senantiasa banyak..banyak..banyak.. belajar Alqur’an dan hadist rasulullah . dari keduanya nyalah Allah menitipkan jejak kegelimangan , kesuksesan dan kebahagiaan perjuangan Rasulullah bersama para sahabatnya dalam menapaki samudera kehidupan ini. Dan kita sebagai generasi penerusnya sekarang , sudah semestinya melanjutkan amanah dari Allah yang begitu luar biasa dan istimewa ini. Seperti yang pernah teman saya katakan “ Bergerak sekarang, atau tergantikan !!!” maknanya kita punya amanah untuk bergerak dijalan allah , dan apabila amanah ini tidak dijalankan .. masih ada umat  yang akan melanjutkan jejak-jejak perjuangan rasulullah dan sahabat zaman dahulu . Hingga kita sebenarnya jika tidak bergerak atau berusaha maka akan tergantikan oleh yang lainnya.  Semangat !!!

Didalam firmanNya yang indah , dapat kita rasakan dan pahami :
“Katakanlah (hai muhammad) : “jika kalian mencintai Allah, maka ikutilah aku, niscaya Allah akan mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian . Dan Allah maha pengampuan dan Maha penyayang.” (QS. Ali ‘Imran : 31)
Ini adalah janji Allah kepada hambaNya , coba bayangkan apabila kita disayangi oleh seseorang .. cantik ,cakep ,ganteng, kaya, cerdas,pintar,dan segala hal yang baik lainnya.. wah.. perasaan kita ibarat dunia indah tiada tara.. seperti  dunia milik berdua saja.. dan sekarang coba bayangkan kita disayangi yang Maha Agung, Maha Pengasih, Maha Penyayang, Maha Pengatur, Maha Pengadil, Maha Perkasa dan Maha segalanya.. seberapa besar balasan kasih sayang kita padanya? Sehingga bila disuruh memilih, milih yang mana ?, semua kembali pada kita sendiri terhadapa apa yang menjadi pilihannya .. kita sepakat akan cinta lebih kepada Allah SWT.

Salah satu bukti cinta kita kepada Allah adalah kita cinta kepada kalamnya yakni Al-Qur’an . Dalam mencintainya atau memaknainya  ,perlu ada interaksi dengan Al-Qur’an . dan Untuk berinteraksi dengan al-qur’an sendiri ada dorongan motivasi dan semangat yang harus menggebu . Tentu saja motivasi seperti untuk melakukan muamalah yang rutin, terarah dan berkualitas . Dengan Al-Qur’an diperlukan motivasi yang kuat dan bisa bertahan lama(bersifat sepanjang masa).

Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin nya memaparkan kerja batin seseorang ketika ia bermuamalah dengan al-quran. Kata beliau, setidaknya ada 10 poin yang harus diperhatikan , yaitu :
1.Memahami keagungan firman Allah ,Ketinggiannya, memahami keutamaan Allah ,KelembutanNya kepada makhluk-Nya yang telah menurunkan Al-Quran dari arsy yang mulia.
2.Mengagungkan dzat yang berbicara (Allah Ta’ala)
3.Menghadirkan hati dan membuang jauh-jauh bisikan-bisikan yang mengganggunya.
 4.Tadabbur(meresapi makna ayat).
5.Berusaha untuk memahami isinya.
6.Membuang hambatan-hambatan yang menggangu pemahaman.
7.Merasakan bahwa Al-Quran sedang berbicara kepada dirinya.
8.Memberikan pengaruh pada jiwa(ta’atstsur).
9.Menghayati dialog dengan Allah Ta’ala
10.Melepaskan diri dari rayuan sekelilingnya dan konsentrasi kepada diri sendiri dengan kacamata ridha dan jiwa yang bersih.

Ketika bermuamalah, kita juga akan terus bahagia apabila Al-quran tiap hari selalu diingatnya, hari demi hari seakan hambar bila belum memandangnya sekaligus melantunkannya. Selain itu , perlu juga motivasi-motivasi yang lainnya dalam berinteraksi dengan al-quran :

1.Motivasi untuk terus Tilawah (membaca secara tartil, merdu, sejuk didengar oleh telinga)
2.Motivasi dalam Al Hifz (menghafalnya).
3.Motivasi dalam tafhim( Memahaminya).
4.Motivasi saat tatbiq ( merealisasi ajaran al-Quran).
5. Motivasi dalam mempertahankan Hidayah(Al-quran adalah suatu bentuk hidayah Allah kepada Hamba-hamba Nya)

Sungguh Alquran adalah kitab paling agung diantara kitab-kitab yang dulu pernah Allah turunkan kepada para rasul sebelum Rasulullah .  Begitu agungnya Al-Quran dalam memberikan pentunjuk untuk umat, Allah menamakan Al- Quran dengan beberapa nama, diantaranya:
1.       Qur`an
 إِنَّ هَذَا الْقُرْآَنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ 
 `Al Qur`an ini memberikan petunjuk kepada yang lebih lurus`.( al-Israa:9)  
2.       Kitab
 لَقَدْ أَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ كِتَابًا فِيهِ ذِكْرُكُمْ
`Sesungguhnya telah Kami turunkan kepada kamu sebuah kitab yang di dalamnya terdapat sebab-sebab kemuliaan bagimu`.(al-Anbiyaa: 10)  
 3.       Furqan
 تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَى عَبْدِهِ لِيَكُونَ لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا 
 Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam`,(al-Furqan: 1)  4.       Zikr
 إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ 
 `Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Qur`an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya`.( al-Hijr :9) 
 5.       Tanzil
 وَإِنَّهُ لَتَنْزِيلُ رَبِّ الْعَالَمِينَ 
 Dan sesungguhnya Al Qur`an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam`,(as-Syuaraa:192 ).  

Dan Allah juga telah melukiskan Quran dengan beberapa sifat, diantaranya ;
1.        Nur (cahaya ) :
وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُورًا مُبِينًا
`Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang`.(an-nisaa : 174 )
2.       Huda ( petunjuk ), Syifa` ( obat ), Rahmah ( rahmat ),dan Mauizah ( nasehat ) :
يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ`
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman`.( Yunus : 57 ).
3.       Mubin ( yang menerangkan ) :
قَدْ جَاءَكُمْ مِنَ اللَّهِ نُورٌ وَكِتَابٌ مُبِينٌ
`Sesungguhnya telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menerangkan`.(al-Maidah :15 ).

Dan sifat-sifat yang lain sebagaimana disebutkan dalam banyak ayatnya, seperti : Mubarak ( yang diberkati ), Busyra ( kabar gembira ),`Aziz ( yang mulia ), Majid ( yang dihormati ), Basyr ( pembawa kabar gembira ).

Kembali kepada ajaran suci Al-Quran dan bimbingan rasulullah serta keteladanan para generasi terdahulu, merupakan kunci awal apabila ingin dicintai oleh Allah SWT, sekaligus membuat kita begitu bahagia nan indah menikmati semilir kehidupan didunia ini. Hanyut dalam kata demi kata yang tersirat indah disetiap suratnya. Yang Allah sendiri  menjaga akan keasliannya sampai yaumul akhir kelak.

Dan diakhir , saya mengajak semua dan khusunys diri pribadi untuk bermuhasabah diri, agar tidak lagi malu-malu menjadikan petunjuk Al-Quran sebagai referensi keimanan,motivasi,semangat, hidayah dan mata air ilmu bagi keislaman dalam kehidupan ini.
Karena hidup ini sederhana, yakni membuat kehidupan terus bermakna dengan Al-Quran dan anjuran RasulNya.

RAS no name-Semoga Bermanfaat
Daftar Pustaka :
1.Ulumul Qur’an , penyusun : hatta syamsudin,Lc 
2.Agar Al-Quran menjadi Motivasi hidup anda, penyusun : Hidayatullah,Lc, Alhafizh


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top

Inspirasi, tembalang, mahasiswa, matematika, universitas diponegoro,undip,organisasi,ikahimatika,semarang,indonesia,bisnis,info baru,2014,2015

Info kos tembalang, Info kos murah, Info kos mahasiswa undip murah, Info kos buat putri/cewek, Info kos buat putra/cowok,Info kos terbaru, Info terkini kos tembalang

Kost - kosan murah, Kost anak gaul, Kost enak dan nyaman, Kost -kosan dekat kampus, Kost-kosan rame, Kos buat mahasiswa, Kos daerah UNDIP, Rumah dan kos, Kost-kosan ideal