Mencoba menulis apa yang telah dilakukan seorang anak muda dalam kesehariannya, mencoba memaknai apa yang didapat dari setiap langkahnya , dan mengambil hikmah dari peristiwa yang dialaminya. Kini saya coba menulis tentang jejak-jejak hari ini Jum’at ,9 Mei 2014.
Seperti hari-hari yang dilalui yang masih begitu carut-marut seperti keadaan kondisi Pemilu sekarang, yap.. inkonsisten yang menjadi kunci dalam setiap bangun dipagi harinya.. seperti klub besar arsenal yang diawal musim tampil begitu trengginas, tapi diakhir terseok-seok dan mulai kembali konsisten lagi berada dijalur 4 besar.. inkonsisten itulah atau kata gaulnya keISTIQOMAHan itulah yang tetap harus dijaga. Bangun pagi kadang jam 02.30, kadang jam 03.00 malah kadang jam 04.30 .. yah okelah tak mengapa ,tapi tetap diusahakan istiqomah jam 03.00 bangun.. dan alhamdulillah hari ini bangun pada jam segitu.. terkadang saya berpikir apakah harus ada cambukkan positif yak biar keistiqomahan bangun pagi tetap terjaga, mulai memikirkan adanya sebuah iqob yakni bila bangun telat maka wajib infaq hari ini 5 ribu. Mungkin bisa dicoba..

Setelah bangun pun , mulai tersadar bila ini masih jam 03.00 .. (apa mau tidur lagi aja yak.. #contoh bisikan setan nih) .. dan pagi itu ada 2 pilihan yang berputar dikepala saya bangun.. tidur ..bangun..tidur..bangun.. tidur.. BANGUN…oke sesegara mungkin ku mulai beranjak dari tempat tidur dan mulai cuci muka dan ambil air wudhu.. untuk sholat malam dan setelah sholat,lanjut aktivitas mencoba mengerjakan apa yang  ga asing dikerjakan mahasiswa semester muda..eh salah semester atas alias tua.. lumayanlah pagi hari dapet 1 setengah lembar ngerjain bab 3.

Yok.. karena akhir-akhir ini masjid seberang jalan mulai jarang adzan sholat subuh.. saya ga tahu ko bisa seperti itu, kalo tahu tempat mix nya pasti saya adzanin.. #tapi dari 2 tahun saya disini belum tahu tempat mix masjid itu berada.. okeh mulai berjalan menuju masjid depan warteg ngesrep.. itu alternatif saya bila ingin sholat dimasjid selain masjid depan.. okey dipagi yang cerah ini..semoga diberi kenikmatan dan keberkahan oleh Allah dalam menjalankan aktivitas..

Kukencangkan ikat pinggang untuk memulai aktivitas disaat fajar menyingsing, ngeluarin mobil, bersihin lantai atas,dan mandi setelah itu berangkat kekampus.. yang hari ini kebetulan ada jadwal kuliah pemodelan matematika, sesampai dikampus .. ternyata eh ternyata .. kuliah jam 07.30 itu buat kelas A dan kuliah kelas B itu jam 09.30 , saya diabsen kuliah ikud kelas B .. saya kirain kuliahnya digabung antara kelas A dan B , yah.. kalo gitu ikud kuliah kelas A aja. Udah kekampus masak mau balik lagi.. yap setelah dosen datang , saya pun mulai masuk dan mengikuti kuliah .. dan tiap dosen pasti ada ciri-ciri khas dalam menyampaikan materi kuliah.. seperti dosen kali ini, diawali dengan cerita, pemahaman matematika, dan diakhiri dengan pembagian kelompok untuk presentasi

Setelah kuliah ,saya pun lanjut dengan acara janjian bersama 3 orang. Yap.. mau ngobrolin persiapan membuat rubrik profil yang kali ini mendapatkan sosok yang luar biasa yakni Prof Widowati. Yap obrolan sambil ngalor ngidul .. itu kebiasaan yang tidak bisa dipungkiri biar gak mbosenin.. yang intinya minggu depan siap untuk mewawancari bu prof . Mulai dari ngrembukin peralatan yang akan digunakan saat wawancara dan pertanyaan2 yang akan diajukan .. selain rubrik profil ada yang kegiatan lain yang dibahas juga, seperti buku sumbangan dari alumni, perkembangan organisasi yang diikuti , dan lain-lain ampe wedding-weddingan..#loh

Okey setelah selesai , mulai beranjak dari kampus menuju kos.. bersiap menjaga gerai dipertani. Nah yang perlu saya ceritakan panjang ialah saat setelah sholat jum’at . mampir sebentar ditoko buku GRAMEDIA Pandanaran.

Kali ini tidak seperti biasanya saya membaca buku 3 buah ato lebih.. hari ini saya baca buku satu saja , tapi saking bagusnya saya baca ampe habis.. ini judulnya“Memetik Matahari” karya agung adiprasetyo(beliau CEO kompas Gramedia ).. buku itu membuat penasaran oleh saya, karena kemarin hari kamis ada seminar menjadi penerobos dengan keynote speakernya pak agung tersebut, dan beliau saat itu memberikan cindera mata kepada pak rektor dan pak ganjar berupa buku, ya .. itu buku “Memetik Matahari”.

Oke coba saya baca bukunya halaman demi halaman isinya saya baca.. sampai kehalaman 30.. ni kaki ko terasa gringgingen (kesemutan lah..) .. mulai melirik tempat duduk diarah depan jauh sana.. tapi ko masih ada yang ngisi tempat duduknya.. okey melanjutkan membaca sembari meneror tempat duduk ,sesekali lihat tempat duduk bila kosong secepat kilat saya akan langsung kesana .. dan ditunggu beberapa menit ,akhirnya mata saya terperanjat akan tempat duduk yang kosong.. okey tanpa basa-basi seperti gambaran media/berita televisi sekarang ini yang ceplas-ceplos.. saya langsung ngacir ketempat duduk.. alhamdulillah lega.. badan mulai enak kakipun mulai lancar peredaran darahnya…

Yap lanjut, dalam buku itu .. banyak sekali bahasan-bahasan yang provokatif bagi saya.. mengajak pribadi saya untuk mencoba melihat /mendeskripsikan kondisi saat bekerja diperusahaan zaman sekarang. Dan buku itu coba mengajak saya juga untuk melihat tujuan baru /frame baru dalam memaknai dunia pekerjaan..   banyak kisah diceritakan dalam buku ini secara sederhana tapi amat mengena.

Dari awalan saja membuat saya berpikir kembali dalam memaknai dunia ini, kok masih ada aja orang seperti FITRI ini.. Jadi dibab awal buku ini diceritakan fitri… saya mengutip kata-kata beliau yakni “saya bersyukur , tidak diberi penglihatan oleh-Nya .. karena dari hal itu saya bisa melihat dunia ini sangat indah dan begitu mengesankan” .. saya sempet bingung.. trus saya baca ulang kembali, (mungkin salah cetak kali yak.. #pikirku) oh ternyata tidak..memang benar.. dan mulai #ngeh membaca lembaran-demi lembaran berikutnya.. yang inti kisah dari FITRI itu.. mencoba memaknai hidup dengan penuh kebermanfaatan dan penuh rasa syukur..   jarang sekali kan orang punya fikiran seperti fitri..

Pokonya banyak sekali kisah yang bisa dipetik untuk dijadikan sumber inspirasi dari buku ini, seperti :
1.mengenal pola bisnis zaman sekarang, ada beberapa versi tipe pebisnis.
2.mengenali berbagai tipe orang, dari orang yang susah dibilangain(istilah jawanya ndablek) dan yang gampang dibilangin.. (manutan) . cerita dari buku itu mengambil kisah badai gustav dan mbah maridjan.
3.kisah karyawan senior dan junior.. karakter2 dari karyawan senior.. dan langkah apa saja yang harus dilakukan oleh karyawan junior
4.kisah sepak terjang berbagai usaha bisnis, seperti samsung,taksi bluebirds, teh sosro, dan lainnya
5.Analogi 3 macam orang yang melakukan bisnis, yakni seperti burung unta, babi hutan,satunya saya lupa.. kalo burung unta ,bila bisnis nya gagal maka langsung banting setir.. satunya yang saya lupa ,kalo bisnisnya gagal..cari jalan alternatif yang lain… dan untuk babi hutan, bila bisnisnya tersendat .. terus terabas berbagai usaha.. pokoke tetap maju terus…dengan sekuat tenaga dan pikiran
6.4 tipe karyawan dalam perusahaan.. dianalogikan kayu bakar,kambing,anak manja,tukang batu..
Untuk tipe kayu bakar itu adalah tipe karyawan yang harus ada percikan tambahan biar bisa menyala.. jadi nunggu orang melakukan sesuatu,baru deh karyawan juga melakukannya
Untuk tipe batu, tipe karyawan yang susah seklai diberitahu.. bila diberi pelatihan dari 3 kali pelatihan . mungkin karyawan itu harus diberi 10 kali pelatihan
Untuk tipe anak manja, harus dibimbing dengan sabar.. sabar.. dan sabar…
Dan tipe terakhir adalah kambing , yakni karyawan yang mencari /menggali ide sendiri sebelum diperinta, punya arah kemana mau pergi.. untuk menuju kesuksesan..
7.dibuku ini juga diberikan perbedaan kerja perusahaan ala barat dan perusahaan yang ala indonesia..
8. dan bab terakhir menceritakan kisah seorang tukang becak namanya pak min, yang selalu punya integritas yang tinggi.. walo penghasilannya dikit.. tak mengeluh.. jujur.. dan hebatnya bisa menyekolahkan anaknya sampai kuliah dan sekarang menjadi guru..

Kata terakhir dalam buku itu saya ingat begitu sangat.. hindarilah pola instan seperti para kawula muda kebanyakan sekarang, untuk menjadi sukses harus mengikuti proses dan salah satu kunci kesuksesan proses itu adalah sikap,sikap dan sikap…. begitulah buku berkesan yang saya baca kira-kira menyita waktu 2 jam itu… sebenarnya masih banyak hal yang belum saya sampaikan disini.. cukup point besarnya saja.. dan semoga kawan-kawan bisa juga mengambil maknanya.. sebagai motivasi lebih bagi kita. Karena Ketika seseorang sudah puas dengan hasil yang dicapai, maka siap-siap rival anda akan menyalip anda.. jangan terlena karena anda sudah diatas.. kalo sudah diatas, tugas yang paling sussahhhh adalah mempertahankannya..  semangat.

Oh iya, didalam buku itu menceritakan bahwasanya.. manusia akan terlena dengan apa yang sudah tersaji dihadapan kita, tidak mau merubahnya.. padahal bisa dirubah sedemikian hingga bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.. seperti dalam sebuah organisasi , organisasi kebanyakan melakukan kegiatan hal yang sama dari tiap tahun.. tanpa ada unsur/kegiatan yang baru.. bila dikatakan nanti ada inovasi kok dalam kegiatannya.. padahal dibutuhkan sebuah pembaharuan guna mencapai visi kedepan.. visinya udah ada.. akan tapi kegiatannya cenderung stagnan/tetap berjalan ditempat.. sesegera coba naikkan level.. berani menghadapi tantangan.

Dan juga melihat kondisi jangan Cuma yang terlihat yang paling gedhenya, tapi coba lihat juga kemungkinan kecilnya.. ibarat lilin ditengah kegelapan.. yang dilihat kebanyakan orang adalah kegelapannya .. mengerikan..menakutkan.. tapi coba kita berusaha fokus pada lilin yang bercahaya itu.. masih ada harapan .. masih ada harapan dan masih ada harapan.. bagi orang yang bisa mengambil hikmahnya..

Mungkin itu dulu yang bisa saya ceritakan.. sebenarnya masih ada kegiatan selanjutnya belum saya ceritakan..
Dengan cara mengingatnya hati kita minimal tergerak akan kepemahaman itu, dan dengan cara melakukannya (to action) kita pasti akan menerima kebermanfaatannya. So keep spirit wahai anak muda.. kini kau semakin dewasa.. indonesia kian dekat memanggil anda.. dan tonggak penerus tahta indonesia ada ditangan kita…

Terus mencoba menebarkan hikmah.. yah Cuma biasa-biasa saja dari saya.. dan saya percaya kawan-kawan lebih luar biasa … awesome and meaningfull…

Rahmad-Math undip mencoba berbagi  #bahagia itu sederhana



0 komentar:

Posting Komentar

 
Top

Inspirasi, tembalang, mahasiswa, matematika, universitas diponegoro,undip,organisasi,ikahimatika,semarang,indonesia,bisnis,info baru,2014,2015

Info kos tembalang, Info kos murah, Info kos mahasiswa undip murah, Info kos buat putri/cewek, Info kos buat putra/cowok,Info kos terbaru, Info terkini kos tembalang

Kost - kosan murah, Kost anak gaul, Kost enak dan nyaman, Kost -kosan dekat kampus, Kost-kosan rame, Kos buat mahasiswa, Kos daerah UNDIP, Rumah dan kos, Kost-kosan ideal