Apakah arti relawan?
Apakah itu bencana ?
Sadarkah anda tentang bencana?

itulah beberapa pertanyaan yang diajukan saat materi pelatihan ERU ( emergency response unit) di rest are bunder, Gunung kidul. pelatihan yang diselenggarakan oleh PKPU Yogyakarta bekerja sama dengan BASARNAS dan thetrekker.com
acara yang berlangsung 2 hari 21-22 maret 2015. wooww.. amazing.. sekali. kenapa saya sebut amazing.. yapz karena tanggal itu bertepatan dengan milad saya yang ke-23 dan tanggal 22 maretnya ialah hari air sedunia. sesuatu yang awesome lah buat saya, ikud dalam kegiatan rescue ini.. iya pelatihan rescue pertama kalinya.
oke cerita sebelumnya dulu, jumat malam sebelum besok berangkat.. saya kedatangan sahabat karib saya dari semarang , tegar dan heri math 2010 undip ( duo blora) yang kebetulan lagi ada test interview dijogja mampir sebentar dirumah saya , sukoharjo… yap memang saya bilang sebentar karna malam jam 21.00 nyampe jam 06.00 , karna sabtu jam 06.00 saya juga harus berangkat kejogja.. maaf ya kawan Cuma bisa ngebantu untuk tempat berteduh semalam saja.. sebenere pengen saya ajak muter-muter daerah sukoharjo dan sekitarnya.
okelah jam 06.00 saya capcus dari rumah menuju lokasi kumpul bersama, PKPU Yogyakarta dekat dengan kampus UGM jogja. sampai sana jam 08.00 , tepat sekali.. sampai sana truk pengangkut kami menuju gunung kidul langsung berangkat. terlambat beberapa menit saja saya ditinggal.. huhu..
wah naik truk bersama dengan dikawal BASARNAS serasa perjalanan TOL, bebas hambatan.. hahaha perjalanan yang cukup jauh dari PKPU jogja menuju , daerah bunder gunung kidul .




dan akhirnya Alhamdulillah sampailah kami ke lokasi pelatihan ERU. disana langsung pembukaan oleh panitia dan beberapa sambutan yakni KACAB PKPU yogya (pak jumarsono) dan perwakilan dari BASARNAS yogya. intinya dari beberapa sambutan itu ialah dalam recue itu pertama harus paham dengan komando( perintah) agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan, dan juga sebelum menolong kita harus safety dulu.
setelah itu, agar para peserta saling mengenal diadakan icebreaking dulu, keren-keren.. perkenalan dengan cara baru.. icebreakingnya bisa nih ditiru buat nanti pas ngisi acara… hehehe
lanjut dengan beberapa materi –materi salah satu nya PP ( pertolongan pertama) . jadi dulu namanya P3K atau P3M .. tapi sekarang diganti dengan nama pertolongan pertama. kita peserta diajari , cara menolong apabila ada kecelakaan, pertama yang harus dilakukan seperti apa.. lalu pengecekkan korban.. dan langkah selanjutnya pertolongan.
selain PP ada materi tanggap bencana, langkah-langkah kita bila mengahdapi bencana gunung erupsi, banjir, tanah longsor.
salah satu pembicara yang membuat saya terkagum ialah dari komandan rescue PKPU PUSAT pak subur… bukan eyang subur loh ya.. beliau telah banyak sekali meakan asam garam dalam penanggulangan bencana baik dari dalam negeri ( dari sabang sampai merauke) dan juga luar negeri ( filiphina, Ethiopia, Somalia, suriah, palestina, Myanmar dll)
beliau banyak bercerita pengalaman-pengalaman saat terjun dalam mengatasi bencana, seperti difiliphina , seminggu Cuma makan telur saja.. karna difiliphina kebanyakan warung daging babi, cara membantu rohingnya harus menyamar jadi pedagang dulu.. karna pemerintah Myanmar tidak sembarang mengijinkan masuk kedaerah rohingnya, dst.
disinilah kita diberikan semboyan… jargon, RELAWAN PKPU.!!! IKHLAS BEKERJA .. MENEROBOS TANPA MENUNGGU.

(BERSAMBUNG)…. NANTIKAN

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top

Inspirasi, tembalang, mahasiswa, matematika, universitas diponegoro,undip,organisasi,ikahimatika,semarang,indonesia,bisnis,info baru,2014,2015

Info kos tembalang, Info kos murah, Info kos mahasiswa undip murah, Info kos buat putri/cewek, Info kos buat putra/cowok,Info kos terbaru, Info terkini kos tembalang

Kost - kosan murah, Kost anak gaul, Kost enak dan nyaman, Kost -kosan dekat kampus, Kost-kosan rame, Kos buat mahasiswa, Kos daerah UNDIP, Rumah dan kos, Kost-kosan ideal